Personal Coaching

Apa itu Personal Coaching?

personal coachingSemakin banyaknya permintaan personal coaching, saya ingin menjelaskan batasan-batasan personal coaching yang perlu dipahami bersama. Pemahaman ini penting, agar tidak ada kesalahan pahaman nanti.

Sebagai contoh, coaching berbeda dengan konsultasi. Konsultasi itu ada masalah dan tugas seorang konsultan adalah memecahkan masalah tersebut. Dia dibayar berdasarkan pemecahan yang dilakukan berupa ide dan saran. Berbeda dengan coaching lebih berfokus membimbing seorang klien melakukan sesuatu. Yang bertindak adalah klien dan coach yang membimbing.

Saat klien membutuhkan pemecahan, artinya sudah ada tugas tambahan selain coaching. Tidak ada pemecahan masalah saat coaching, tetapi coach bisa membantu mengarahkan klien agar menemukan masalah. Artinya harus ditentukan sejak awal saat Anda akan menggunakan tenaga ahli, coaching atau konsultasi. Berbeda.

Berbeda juga dengan konseling dan terapi. Konseling dan terapi sering digunakan untuk masalah psikologis. Konseling lebih kepada pembentukan pemahaman yang benar (dilakukan dengan dialog), sementara terapi jika masalahnya lebih berat dan diperlukan tindakan-tindakan tertentu. Saya bukan konselor dan terapis, tapi seorang coach, konsultan, dan trainer.

Lalu apa training? Training lebih kepada transfer kemampuan tertentu kepada Anda. Hanya memberikan kemampuan, terlepas bagaimana ilmu itu akan digunakan. Dalam coaching, transfer kemampuan ada tapi lebih terarah ke tujuan tertentu.

Mungkin ada yang berbeda pemahaman, tetapi inilah pemahaman saya dan bekerja sama dengan saya tentu akan menggunakan pemahaman ini.

Manfaat Personal Coaching

Kunci personal coaching adalah agar lebih terarah dalam bertindak. Tidak bingung lagi, ada yang mengkoreksi, dan membimbing. Coaching diperlukan untuk meraih tujuan lebih cepat, dibandingkan harus sendiri meraba-raba arah tindakan. Coaching menghemat waktu berharga Anda. Coaching menjadi hidup Anda to the point!

Proses Personal Coaching

Sekali lagi, ini personal coacing hasil desain saya sendiri. Artinya mungkin berbeda dengan metode coaching orang lain. Jika coaching bersama saya artinya akan mengikuti metode ini.

  1. Goal Setting. Atau penetapan tujuan. Artinya dalam coaching ada tujuan tertentu yang akan dicapai. Tujuan yang menetapkan adalah klien, coach akan membantu jika masih kesulitan dalam menetapkan tujuan. Dilakukan dengan diskusi.
  2. Action Plan. Artinya pembuatan rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  3. Pengarahan. Klien langsung memulai tindakan, kemudian coach akan membantu mengarahkan.

Sampai kapan coaching dilakukan? Apakah sampai tujuan tercapai? Tidak selalu. Bisa saja tidak, jika mencapai tujuan tersebut cukup lama. Tugas coach hanya mengarahkan klien berada di jalur yang tepat menuju tujuannya. Selanjutnya klien sendiri yang meraih tujuan, tentu saja dengan bekal arahan dari klien.

Kalau pun coaching disepakati sampai meraih tujuan, itu boleh-boleh saja. Tentu akan berimbas ke biaya sebab bisa jadi akan lebih lama. Itu tergantung kebutuhan klien.

Biaya Personal Coach

Biayanya bisa bervariasi, tergantung bidang apa yang akan digarap. Biaya bisa per bulan atau per proyek, sesuai dengan kesepakatan. Untuk kepastian biaya, silahkan langsung hubungi saya. Biaya dibayar dimuka setiap periode.

Apakah bisa coaching putus sambung? Bisa saja, tinggal didiskusikan saja.

Minimal kontrak kerja sama adalah 1 bulan.

Cara Komunikasi

Komunikasi bisa dilakukan jarak jauh, ada banyak cara berkomunikasi saat ini:

  1. Via email
  2. Via chatting (YM, BB, WA, dsb)
  3. Via SMS
  4. Via telpon

Untuk chatting dan telpon akan dibatasi setiap minggunya, karena bersifat life (komunikasi langsung). Sementara SMS dan email boleh bertanya kapan saja.

Ketentuan Coaching

  1. Chatting dan telpon berdasarkan janji, tidak sesuai janji tidak akan dilayani karena coach punya kesibukan.
  2. Alokasi komunikasi langsung 2 X per minggu @ 1 jam.  Silahkan pilih telpon atau chatting. Ini adalah alokasi, boleh digunakan atau tidak.
  3. Alokasi monitoring hasil kerja 2 kali per minggu. Feedback atau arahan diberikan via email.
  4. Tanya jawab via SMS atau email, kami punya jadwal 1 kali mengecek dan menjadwal email setiap hari. Silahkan ajukan pertanyaan langsung secara lengkap, tidak dicicil. Jika jawaban perlu dilakukan dengan komunikasi langsung, maka dijadwalkan pada jadwal berikutnya atau sesuai kesepakatan.
  5. Mungkin ada fee tambahan untuk konsultasi. Mungkin juga saya berikan sebagai bonus.

Garansi Keberhasilan

Tidak ada garansi bahwa Anda akan mencapai tujuan Anda, sebab sebenarnya yang menentukan Anda sendiri. Anda yang bertindak dan Anda yang memutuskan. Tugas coach adalah membantu, memberikan saran, dan arahan. Keputusan akhir ada di tangan klien. Kami tidak menerima coaching dengan garansi hasil.

Topik Coaching Yang Saya Sediakan

  1. Meningkatkan Produktivitas (Productivity Coaching) untuk personal atau leader dengan menggunakan konsep Revolusi Waktu
  2. Marketing: SEO Coaching (bagaimana meningkatkan pengunjung ke website Anda)
  3. Bisnis: Infopreneur Coaching (bagaimana menjadi seorang infopreneur via internet) Infopreneur adalah pengusaha dengan menjual berbagai bentuk informasi, seperti buku, ebook, video, training, dsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>